RSS

Melesat diatas Suramadu

11 Apr

Tiba di kota surabaya kami disambut hujan deras. Haripun sudah sore, kami langsung melanjutkan perjalanan ke sumenep. Sumenep merupakan salah satu kabupaten yang ada di pulau Madura.

Kondisi surabaya yang hujan deras, menyebabkan lalu lintas di kota ini macet dimana-mana. Niat saya ingin melihat jembatan suramadu di waktu hari terang, menjadi tertunda karena macetnya jalan cukup parah. Alhasil, saat melewati jembatan suramadu hari sudah malam dan hujan pun turun deras sehingga menghalangi pandangan saya.
Perjalanan menuju ke sumenep di malam hari membuat saya tidak dapat menikmati perjalanan. Apalagi banyak genangan air dijalan dan kemacetan yang mulai biasa di daerah Surabaya, membuat perjalanan kali ini cukup menyiksa bagi saya. Waktu tempuh dari Surabaya –  Sumenep dapat dilalui dalam 4-5 jam perjalanan, cukup lama juga ya apalagi kami juga langsung berangkat setiba kami dari bandara Juanda.

Jalur Surabaya – Sumenep adalah jalur yang cukup enak untuk dilalui kendaraan. Jalan yang 80% rata, dan tidak lurus membuat mobil bisa melaju di kisaran 80-100 km/jam. Perjalanan menuju ke Sumenep melewati 3 kabupaten di Madura, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Sayang perjalanan di malam hari membuat saya tidak bisa melihat pemandangan di jalan. Alhasil, 2 jam terakhir di mobil yang membawa kami ke Sumenep saya tertidur pulas.

Sampai di Sumenep, sekitar jam 10 malam. Kami pun langsung chek in di hotel C1. Hotel ini berada di lingkungan perumahan. Mungkin pemilik hotel ini, sengaja membeli rumah-rumah yang berada di depan perumahan untuk dijadikan hotel. Dengan lingkungan hotel yang tidak terlalu ramai dan bersih, membuat hotel sekelas bintang tiga ini enak untuk dijadikan rujukan penginapan.

Lelah setelah mengarungi perjalanan seharian, saya pun langsung tertidur pulas di hotel tersebut.

Pagi hari, setelah sarapan pagi di hotel kami pun siap melanjutkan pekerjaan kami. Kedatangan kami rupanya sudah ditunggu oleh ratusan pelajar di Sumenep. Mereka sudah siap menerima materi yang akan diajarkan oleh tutor untuk pengenalan iptek.

Selesai acara dan makan siang bersama, kami pun bergesas meninggalkan lokasi. Karena hari sudah bertambah siang, dan cuaca sudah bertambah panas.  Namun bukan hotel yang kami tuju, melainkan rumah produksi batik tulis barokah yang berada di Sumenep. Koleksi batik disini memang punya kualitas yang bagus, namun harganya juga selangit bila dibandingkan dengan isi kantong saya yang pas-pas an. Hal ini lah yang memberatkan saya untuk berbelanja disini. Alhasil saya hanya minum kopi, sambil ngobrol dengan pemilik rumah batik dan teman saya di teras rumah.

Selesai berbelanja batik, kami pun istirahat di hotel.

Hari kedua kami di Pulau Madura, di isi dengan kegiatan di Universitas Madura yang berada di kabupaten Pamekasan untuk mengadakan diskusi dan sosialisasi mengenai etika penelitian. Selesai acara tersebut, kami melanjutkan perjalanan  ke Surabaya. Dalam perjalanan menuju Surabaya, kami mampir untuk makan siang di Bebek Sinjay yang berada di kabupaten Bangkalan. Baru kali ini saya makan daging bebek berasa lezat sekali. Daging bebek yang gurih dan empuk sangat mengundang selera makan kami. Warung makan ini memang hanya menyediakan daging bebek goreng, namun pengunjung yang datang kesini, ratusan orang setiap harinya. Berapa keuntungan setiap harinya ya….

Kenyang setelah terisi daging bebek dan kelapa muda, kami  pun melanjutkan perjalanan kami ke Surabaya. Namun sebelum kami menyeberangi jembatan Suramadu, pikiran kami tergoda untuk berbelanja batik di Bangkalan ini. Yang kami tuju adalah toko batik Athaya. Dengan kualitas yang sama dengan batik Sumenep, namun harga batik di Bangkalan ternyata lebih murah dari harga batik si Sumenep. Saya pun tak melewatkan kesempatan ini dengan berbelanja beberapa potong batik untuk oleh-oleh anak-anak di rumah. Apalagi nama toko tersebut, sama dengan nama belakang anak saya, Athaya…