RSS

Efek Samping UMR Naik…

12 Nov

Buruh merupakan kata-kata yang akrab saat ini di telinga kita. Buruh identik dengan karyawan yang bekerja di dalam pabrik.
Berbagai demo mengenai UMR agar naik menjadi sekitar 2,5 juta, marak disuarakan oleh para buruh di sejumlah daerah. Upah buruh yang rendah, sudah tidak sesuai dengan kebutuhan hidup saat ini. Beban hidup yang dirasakan oleh para buruh, membuat mereka menuntut kenaikan UMR yang dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka.
Di sisi lain keinginan para buruh agar UMR dapat naik, membuat para pengusaha seperti kebakaran jenggot. Bagi sebagian para pengusaha, kenaikan UMR yang dituntut para buruh sulit sekali direalisasikan. Banyak perusahaan yang memang hanya sanggup membayar upah buruhnya di bawah 1,5 juta perbulan. Andaikan perusahaan tersebut dipaksakan untuk membayar gaji buruh diatas 2,5 juta perbulan, maka akan banyak perusahaan yang hanya sanggup membayar gaji buruhnya untuk beberapa bulan saja. Selanjutnya perusahaan tersebut akan gulung tikar alias bangkrut. Karena modal perusahaan tersebut sudah habis untuk membayar gaji buruhnya. Dan tentu saja akan banyak buruh yang terkena PHK masal. Hal ini akan menjadi masalah baru bagi negara ini.
Permasalahan lain yang mungkin timbul adalah akan semakin banyak pengusaha atau investor asing yang angkat kaki atau memindahkan perusahaannya ke luar negeri. Seperti ke vietnam, thailand, kamboja, dll. Dengan alasan gaji buruh dan pajak di negara tersebut masih rendah. Hal ini tentu saja akan membuat Indonesia makin terpuruk, dan semakin sulit keluar dari krisis ekonomi.
Hal-hal diatas mungkin hanya ke khawatiran saya dalam melihat maraknya aksi demo buruh saat ini. Untuk itu perlu di kaji ulang secara seksama sebelum menentukan UMR daerah, agar permasalahan diatas tidak terjadi.
Lalu bagaimana dengan nasib buruh tani, buruh bangunan, buruh angkut, dll. Kemana mereka akan menyuarakan aspirasi mereka seperti buruh pabrik.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 November 2012 in Sepak Pojok

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: