RSS

Eloknya Lembah Harau…

04 Okt

Hari sudah gelap ketika kami mendarat di bandara minangkabau. Letih dan kantuk yang kami rasakan hanya dapat di sembuhkan dengan tidur yang banyak.
Pagi itu cuaca bersinar cerah. Perut yang lapar menggiring kami untuk segera sarapan pagi.
Setelah menyantap sarapan pagi, kami pun memulai perjalanan pagi itu. Rute kami diawali ke universitas andalas. Dari luar, tampak suatu komplek bangunan yang indah. Namun ketika kami masuk ke dalam lembaga penelitiannya, sungguh suatu pemandangan yang kontras bila dibandingkan dengan pemandangan di luar gedung. Kondisi di dalam gedung begitu berantakan, mungkin karena proses pemindahan ruang yang belum selesai, pikir saya.
Selesai urusan dengan universitas andalas, kami melanjutkan perjalanan kami. Tujuan kami selanjutnya adalah lembah harau. Suatu wilayah yang terletak di kabupaten lima puluh kuto. Perjalanan menuju ke sangat sangatlah mengasyikan. Di kanan dan kiri jalan, kami di suguhi lukisan alam yang mempesona. Sawah yang hijau, bukit dan gunung yang menjulang, dan air terjun lembah anai. 3 jam perjalanan kami sungguh tak terasa lelah.
Tiba di lembah harau, sekali lagi kami disuguhi lukisan alam yang tak ada duanya. Tebing-tebing batu di kiri kanan jalan, membuat daerah ini dijuluki Grand Canyon nya Sumatera Barat. Batu-batu cadas yang hijau karena ditumbuhi oleh pepohonan membuat mata ini seakan enggan terpejam walau sejenak. Subhanallah, cantik sekali tempat ini.
Saya mencoba untuk mendaki trek yang sudah ada disana. Lumayan tinggi, mungkin sekitar 100 meter jaraknya. Sampai dipuncak, sekali lagi saya mengagumi kecantikan lembah ini. Sambil mengunyah potongan-potongan tebu yang kami beli dari seorang anak kecil, kamipun sibuk berfoto ria.
Puas menikmati pemandangan di lembah harau kami pun kembali ke kota padang. Tak lupa kami menyempatkan diri singgah di jam gadang, dan menikmati gurihnya sate padang Mak Sukur.
Sukur saya sudah pernah ke Padang.

P1010898P1010900P1010902

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 4 Oktober 2012 in Catatan Perjalanan, Uncategorized

 

Tag: , , ,

2 responses to “Eloknya Lembah Harau…

  1. amka

    11 Februari 2013 at 6:17 pm

    numpang mampir n ralat gan Kab. Lima Puluh Kota bukan Kuto …

     
  2. Si Bocah Rimba

    27 Februari 2013 at 12:22 am

    lembah harau memang eksotik bro.
    Tebing vertical bediri gagah menjulang dari dasar lembah.

    my person blog: http://www.bocahrimb.wordpress.com

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: