RSS

Kriteria Untuk Menjadi Presidenku…

31 Jul

Presiden merupakan pemimpin tertinggi di negara Indonesia. Sebuah negara besar yang sedang berkembang dan berpotensi menjadi negara besar. Sebuah negara besar yang sangat kaya dan cantik. Sebuah negara besar dengan penduduk yang banyak pula. Dan sebuah negara besar yang mempunyai berbagai macam persoalan didalamnya. Seorang presiden di Indonesia dituntut untuk mampu menyelesaikan berbagai macam persoalan di negara ini. Seorang presiden di Indonesia harus memiliki ‘jiwa kepemimpinan’ untuk memimpin negara yang sangat besar ini.

Di dalam kenyataan, tidak semua orang yang menduduki jabatan presiden memiliki kemampuan untuk memimpin atau memiliki ‘jiwa kepemimpinan’, sebaliknya banyak orang yang memiliki bakat kepemimpinan tetapi tidak pernah mendapat kesempatan untuk menjadi pemimpin dalam arti yang sebenarnya. Terdapat banyak sekali kriteria untuk menjadi presiden di Indonesia. Namun setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya :

1. Amanah

Amanah berarti mampu menunaikan apa-apa yang dititipkan atau dipercayakan kepada seseorang. Amanah adalah sifat utama yang harus dimiliki oleh seorang presiden. Amanah yang diberikan oleh rakyat, harus dapat dipertanggungjawabkan oleh presiden kepada Tuhan YME dan kepada rakyat. Setiap presiden tidak boleh menghianati apa-apa yang dititipkan atau dipercayakan kepadanya, sebab setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Tuhan YME.

2. Taat beragama

Indonesia adalah negara yang beragama. Seorang presiden haruslah menjadi panutan bagi rakyat. Seorang presiden yang taat menjalankan agama adalah seorang presiden yang selalu dekat dengan Tuhan. Jika seorang manusia dekat dengan Tuhannya, maka perbuatan-perbuatan tercela yang bertentangan dengan agamanya pastilah dihindari.

3. Ikhlas

Presiden yang ikhlas dalam memimpin negara adalah presiden yang dalam melaksanakan pekerjaannya selalu berorientasi kepada ibadah semata. Presiden yang ikhlas adalah pemimpin yang selalu bersyukur kepada Tuhan YME, dan mudah memaafkan kesalahan orang lain yang telah berlaku zalim kepadanya. Presiden yang ikhlas, bukanlah presiden yang pendendam terhadap lawan-lawan politiknya.

4. Tanggungjawab

Tanggung jawab adalah sebuah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang telah dilakukan baik disengaja maupun yang tidak disengaja. Presiden yang bertanggung jawab adalah pemimpin yang tidak melimpahkan kesalahannya kepada orang lain, berani mengakui kesalahannya di depan umum. Dan mau melakukan sesuatu hal untuk memperbaiki keadaan mejadi lebih baik. Selain kepada rakyatnya, seorang presiden juga harus mempertanggungjawabkan kepemimpinannya kepada Tuhan YME.

5. Adil Keadilan merupakan salah satu harapan bagi rakyat Indonesia. Presiden yang adil adalah presiden yang tidak berpihak kepada siapapun dalam memutuskan atau menjalankan suatu hal. Presiden yang adil adalah juga seorang presiden yang mampu menerapkan keadilan bagi rakyatnya. Presiden yang tidak adil akan membawa kesengsaraan bagi rakyat.

6. Cerdas

Presiden yang cerdas adalah presiden yang mengetahui dan menjalankan cara/tindakan dengan baik dan benar. Presiden yang cerdas selalu berfikir untuk meminimalisir setiap kesalahan, dari program yang akan dia jalankan. Presiden yang cerdas selalu berfikir jauh kedepan, tidak hanya berfikir sesaat dalam menjalankan programnya. Presiden yang cerdas, akan selalu berfikir mengenai dampak dari kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan kepada masyarakat.

7. Kritis

Presiden yang kritis adalah presiden yang cepat tanggap dengan suatu hal yang dianggap membahayakan. Presiden yang kritis adalah presiden yang dapat cepat menangkap peluang yang ada untuk peningkatan kesejahteraan rakyat. Presiden yang mampu berpikir secara kritis, masalah yang mereka hadapi tentu akan semakin sederhana dan mudah dicari solusinya

8. Mengayomi

Presiden yang mempunyai sifat mengayomi, adalah tipikal pemimpin yang selalu melindungi segenap rakyatnya, sehingga masyarakat merasa aman dan terlindungi. Bukan hanya sebagai pengayom dan pelindung rakyat, presiden yang baik juga siap menerima dan menyalurkan aspirasi dari masyarakat dalam bentuk apapun.

9. Kemampuan memimpin

Seorang presiden yang baik harus lah mempunyai jiwa kepemimpinan dan kemampuan memimpin yang baik. Kemampuan memimpin yang baik ini didapat dari pendidikan akademis dan pengalaman-pengalaman memimpin sebelumnya. Seorang presiden haruslah orang yang sangat berpengalaman dalam suatu organisasi dengan basis massa yang besar.

10. Berpihak kepada rakyat

Seorang presiden yang baik, tidak mementingkan kepentingan pribadi, parpol, golongan diatas kepentingan rakyat. Presiden yang baik haruslah selalu mengutamakan kepentingan rakyat diatas segalanya. Presiden yang baik harus rela berkorban demi rakyatnya.

11. Kemampuan sebagai pemersatu perbedaan

Indonesia adalah negara yang sangat luas. Dengan berbagai macam suku bangsa, bahasa, golongan, agama dan adat istiadat. Perbedaan yang sangat banyak tersebut, tidak jarang menimbulkan konflik sesama masyarakat Indonesia. Seorang presiden yang baik harus mampu meredam berbagai macam gejolak konflik perbedaan. Seorang presiden harus mampu berperan sebagai mediator untuk penyelesaian konflik di masyarakat

12. Semangat pantang menyerah dan tidak takut ancaman

Indonesia adalah negara yang sangat besar. Negara berkembang yang mempunyai banyak masalah. Baik itu yang berasal dari dalam maupun dari luar Indonesia. Perlu waktu yang lama untuk memperbaki keadaan negara ini. Selain itu juga dibutuhkan kesabaran dari presiden negara ini untuk memperbaiki kondisi masyarakat Indonesia. Presiden yang baik adalah pemimpin yang sabar dan tidak pantang menyerah dalam menyelesaikan berbagai macam problema masyaraat Indonesia

Untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik, tentunya bukanlah hanya tugas presiden semata. Presiden seorang diri tidak akan mampu untuk memperbaiki kondisi Indonesia saaat ini. Semua masyarakat Indonesia mempunyai tanggung jawab yang sama besarnya. Dan pada akhirnya, semua manusia di dunia tidak ada yang sempurna. Seorang pemimpin negara adalah juga seorang manusia biasa. Seorang pemimpin negara juga dapat berbuat kesalahan.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31 Juli 2012 in Sepak Pojok

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: