RSS

Berteman dengan petani-petani Sambirejo…

10 Jun

Setelah beberapa kali saya mengunjungi desa ini, ini saya merasa seperti berada di rumah sendiri. Di sebuah desa yang tenang, tentram dan hijau dengan penduduknya yang ramah.

Keramahan penduduk desa sudah dapat ditemui sejak kita memasuki gapura desa. Setiap ada tamu yang masuk ke wilayah tersebut, pasti mendapat senyum ramah para penduduk.

Sambirejo adalah sebuah dusun yang berada di kecamatan Jumantono, karanganyar. Jawa tengah. Sebuah daerah yang sejuk dan hijau. Saya sempat serandai-andai, menyenangkan sekali jika saya dapat tinggal di sini. Jauh dari keramaian kota yang bising dan polusi kendaraan bermotor. Jauh dari keramaian kota yang ditumbuhi mall dan supermarket.

Pohon-pohon jati nampak tersusun rapi dikiri kanan jalan masuk. Diselingi pohon kelapa, palawija dan tanaman biofarmaka lainnya. Rumah-rumah penduduk desa yang masih tradisional, dengan atap khas jawa yang kokoh. Jalan masuk yang bersih dan mulus juga menambah indah desa ini.

Mata pencaharian penduduk desa ini mayoritas adalah petani. Dengan komoditas unggulan pertanian selain padi, adalah tanaman biofarmaka atau yang lebih dikenal dengan empon-empon. Komoditas empon-empon di desa ini mulai digalakan dari beberapa tahun yang lalu, karena kultur tanah di daerah ini sangat cocok apabila ditanam dengan empon-empon seperti kunyit, jahe, kunir, dll

Para petani klaster biofarmaka di daerah ini juga telah mendapat perhatian dari pemerintah, seperti bantuan berupa alat untuk merajah, memotong dan menggiling produk empon-empon. Dan juga pembinaan seperti teknik sablon dan pengemasan produk untuk meningkatkan nilai jual produk mereka.

Dengan segala bantuan dan pelatihan yang sudah didapat dari pemerintah, diharapkan desa ini dapat berkembang menjadi desa yang mandiri.

 

Semoga saya dapat kembali lagi ke desa ini dilain waktu.

Terimakasih untuk Pak Parman, Pak Budi, dan penduduk desa yang lain.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 Juni 2012 in Catatan Perjalanan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: