RSS

Filosofi Batu, Gunting dan Kertas…

07 Mei

Pernah bemain suwit batu, gunting dan kertas ?

Pada permainan suwit tersebut, batu dilambangkan dengan genggaman tangan, guting dilambangkan dengan dua jari, yaitu  telunjuk dan jari manis, dan kertas dilambangkan dengan tangan yang terbuka lebar. Peraturannya; batu mengalahkan gunting, gunting mengalahkan kertas, dan kertas mengalahkan batu.

Filosofi seperti itu mungkin juga dapat diterapkan kepada manusia.

Manusia bertipe adalah tipe manusia keras kepala dan cepat marah. Manusia bertipe batu ini tidak dapat dilawan dengan batu atau gunting yang sama-sama keras. Namun harus dilawan dengan benda yang lembut seperti kertas. Untuk orang yang bertipe batu atau keras kepala, dapat dilunakan dengan suatu dekapan atau rangkulan yang diibaratkan kertas yang membungkus/ membungkus/ merangkul batu.

Untuk orang yang bertipe gunting, gunting diibaratkan dengan orang yang suka memecah belah, suka memotong jalan pintas, suka merusak sesuatu yang sudah lurus. Orang yang bertipe seperti ini harus dihadapi oleh  manusia yang beripe batu. Ibarat batu yang memukul gunting hingga hancur dan tak ada kompromi.

Orang yang bertipe seperti kertas,  adalah orang yang tidak  kuat pendiriannya.  Mudah dibolak-balik, mudah terbang tertiup angin. Menghadapi orang seperti ini, harus menggunakan orang yang berkarakter seperti gunting. Karakter kertas tersebut harus dibentuk terlebih dahulu melalui gunting agar lebih mempunyai makna dalam hidupnya.

Dalam filosofi itu, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, tak ada sesuatu yang paling kuat. Diatas yang kuat, masih ada yang lebih kuat lagi. Tak ada orang yang benar-benar berada diatas orang lain. Semua manusia masih bisa dikalahkan dengan yang lainnya.

Semua filosofi tersebut diatas hanyalah sebuah filosofi yang dapat saja keliru…….

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Mei 2012 in Sepak Pojok

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: