RSS

Manusia-manusia Setengah Dewa…

18 Agu

Seorang manusia tetaplah manusia, tidak akan pernah berubah menjadi dewa atau malaikat…

Sewaktu melihat berita tentang kematian Gusdur, saya terkejut sekali melihat banyaknya para peziarah yang seakan berebutan mendekati kuburan dari Gus Dur. Rasa terkejut saya semakin bertambah ketika menyaksikan banyaknya para peziarah yang mengambil tanah kuburan dan bunga yang berada diatasnya. Entah apa maksudnya, tetapi menurut sumber berita tersebut tanah dan bunga yang ditabur diatas kubur Gus Dur akan menjadi berkah tersendiri bagi yang mengambilnya. Sulit dipercaya dengan akal sehat, bagaimana tanah kuburan dan bunga bisa menjadi berkah dan tuah tersendiri bagi yang mengambilnya. Inilah salah satu bukti nyata bahwa masih banyak orang Indonesia yang begitu mendewakan seorang manusia.

Contoh lainnya adalah dengan di junjung tingginya para ulama. Memang tak ada larangan untuk kita mengagumi seorang ulama besar, namun janganlah berlebihan karena mereka hanyalah manusia juga. Seorang Habib misalnya, ada beberapa orang dari pengikutnya yang sangat fanatik. Sampai-sampai beberapa orang tersebut berebutan air minum sisa dari sang Habib tersebut. Padahal hanya air putih biasa, entah apakah rasa dari air minum Habib tersebut terasa lebih enak. Sehingga orang saling berebut untuk mendapatkannya. Ataukah memang ada kasiat lain yang didapat setelah air itu di minum oleh sang Habib. Contoh yang paling aktual adalah kasus Mbah Priuk. Dimana masyarakat disekitar makam Mbah Priuk tersebut sangat menjaga makam tersebut. Satpol PP yang bermaksd menertibkan bangunan liar di sekitar makam tersebut, mendapat perlawanan sengit dari warga yang mengira bahwa makam terebut akan di bongkar. Hasilnya, beberapa orang tewas dan banyak yang terluka.

Ponari, sebuah fenomena lain dari Jombang. Ponari adalah seorang dukun kecil yang mempunyai batu sakti di tangannya. Karena kesaktianya, Ponari pun menjadi manusia yang sangat berharga sekali. Sampai-sampai air bekas cuci kaki/tangan Ponari menjadi rebutan, karena banyak khasiatnya.

Masih banyak kisah-kisah lain dalam kehidupan manusia di dunia ini. Dan masih banyak pula hal-hal yang mesti kita perbaiki dalam memperbaiki kualitas hidup manusia. Dan juga masih banyak hal-hal yang mesti kita luruskan dalam kehidupan umat beragama saat ini.

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 18 Agustus 2010 in Sepak Pojok

 

2 responses to “Manusia-manusia Setengah Dewa…

  1. t_ardhan

    24 Oktober 2010 at 6:13 am

    manusia-manusia setengah dewa memang banyak kita jumpai, namun mereka sering terpinggirkan dna dilupakan, padahal jasa mereka luar biasaaaa!

     
  2. Remo Harsono

    9 Oktober 2011 at 7:36 pm

    cermin dari ketidak-berhasilan pendidikan agama…sementara agamanya memerintahkan untuk membaca, penganutnya hanya mendengar 😦

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: