RSS

Moral Bangsa Baik, Kesejahteraanpun Meningkat

02 Feb

Moral merupakan salah satu masalah terbesar dalam pembangunan masyarakat Indonesia. Dilema buruknya moral bangsa Indonesia menjadi salah satu penyebab sulit berkembangnya bangsa ini untuk keluar dari masalah krisis. Memang agak jauh jika mencoba mencari titik temu antara perbaikan kesejahteraan masyarakat dengan perbaikan moral masyarakat. Namun jika moral/akhlak masyarakat dan pemimpin bangsa Indonesia baik, bukan tidak mungkin tingkat kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat.

Menumpuknya persoalan bangsa ini tidak lepas dari perilaku kotor sejumlah elit poitik. Banyaknya kasus korupsi menjadi indikator bahwa moral bangsa ini sudah dibawah titik terendah. Sejak jaman pemerintahan presiden Suharto sampai sekarang (SBY), problematika bangsa ini seperti tidak ada perbaikan. Para pemimpin negara tersebut tentu saja sudah mencoba mengatasi problematika bangsa ini dengan program-program yang telah mereka canangkan. Namun kembali lagi kepada masalah moral, jika moral bangsa ini masih seperti saat ini, siapapun presidennya dan apapun partainya tidak akan bisa memperbaiki kondisi negara ini hanya dalam jangka waktu 5-10 tahun.

Selain masalah korupsi yang seperti membumi di negeri ini, ada banyak masalah lainnya yang mesti di perhatikan. Seperti masalah disiplin nasional, pembalakkan liar, eksplorasi anak dibawah umur, pelecehan seksual, SARA, narkoba, dan masih banyak lagi masalah-masalah yang ada. Hal ini seperti cermin diri masyarakat indonesia, bahwa moral bangsa ini memang rapuh.

Ketika seseorang anak masuk sekolah Dasar (SD) dan dilanjutkan dengan tingkat pendidikan SMP, dan SMA sudah terdoktrin pada pelajaran PMP/PPKN yang menyatakan bahwa masyarakat Indonesia adalah bangsa yang ramah tamah dan suka menolong. Tapi pada kenyataannya mungkin bertolak belakang dengan hal itu. Bangsa Indonesia saat ini dinilai sebagai sebuah bangsa yang cenderung liar, bangsa pembajak, bangsa yang kotor, bangsa yang korupsi. Masih banyak julukan bagi bangsa Indonesia saat ini.

Masalah moral sudah diberikan pada anak-anak pada mata pelajaran agama. Dimana dalam ilmu agama tersebut sang anak dituntut untuk mempunyai pribadi yang bagus dengan akhlak yang terpuji. Namun sama seperti pelajaran PMP/PPKN, hasil dari pendidikan agama tersebut belum terasa memuaskan. Hal ini mungkin lebih disebabkan guru dan murid yang hanya mengejar nilai tinggi dalam pelajaran tersebut, tanpa diimbangi oleh perbaikan moral dan akhlak mulia dari muridnya.

Demikian juga dengan sikap dari kalangan orang tua. Orang tua hanya menuntut nilai yang tinggi dan anak mempunyai prestasi disekolah, tanpa melihat lagi bagaimana perkembangan moral dan akhlak dari anaknya.

Setelah pulang dari belajar di sekolah, sang anakpun banyak yang mengikuti pendidikan agama/ madrasah/TPA pada sore harinya. Tetapi sekali lagi, jika sang anak sudah bisa shalat dan membaca Al Quran dengan baik, maka orang tua dan guru sudah puas dengan hasil yang didapat. Tetapi masalah moral dan akhlak tidak/ kurang menjadi perhatian.

Hal-hal seperti diatas menjadi salah satu kegagalan dalam upaya pendidikan moral dan akhlak anak bangsa ini. Inilah yang membuat moral anak bangsa ini semakin terpuruk. Kurangnya kontrol dari guru dan orang tua menyebabkan sang anak seringkali lepas kontrol. Ditambah lagi dengan pengaruh dari lingkungan sekelilingnya. Moral anak seperti inilah yang kemudian terbawa terus kedalam hidup sang anak sampai anak tersebut menjadi dewasa. Bahkan terbawa ketika anak sudah memasuki dunia kerja.

Alangkah lebih baiknya jika program utama pemerintah saat ini lebih di fokuskan kepada perbaikan moral masyarakat Indonesia. Bukan tidak mungkin jika moral masyarakat Indonesia baik, maka kesejahteraan rakyatpun akan semakin meningkat. Tetapi kita juga tidak bisa merubah moral bangsa ini dalam 1-2 tahun saja. Melainkan butuh puluhan tahun untuk membentuk karakter bangsa ini menjadi baik……..

“Didalam masyarakat yang bermoral baik, terdapat bangsa yang baik pula”

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Februari 2010 in Sepak Pojok

 

Tag: , ,

2 responses to “Moral Bangsa Baik, Kesejahteraanpun Meningkat

  1. amilin

    5 Desember 2011 at 7:30 pm

    boleh kah kata-kata di atas saya copy sebagi bahan penelitian sya om.. mksh.

     
  2. dODOT

    30 April 2012 at 6:02 pm

    Keren! Izin copas kutipan di atas. Thx

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: