RSS

Ke Jakarta aku kan kemBali…..

04 Des

Ini adalah kunjungan ke dua saya ke bali, setelah tahun 2007 lalu saya berkunjung kesini. Masih dalam balutan embel-embel raker. Padahal rakernya hanya dua jam, selebihnya diisi dengan jalan-jalan.

Kami tiba di bali pada pukul 15.00 (jam jakarta), langung kami diantar oleh bis yang sudah menunggu kami ke komplek Uluwatu. Sambil menunggu pagelaran tari kecak yang akan diadakan pada jam 6 sore, kami sempatkan diri untuk berfoto ria dengan para penghuni tetap komplek uluwatu yang jumlahnya ratusan. Setelah selesai menonton pagelaran tari kecak tersebut, rombongan kami langsung menuju rumah makan. Karena kami tadi tidak sempat makan siang, maka setiba di rumah makan dengan setengah beringas dan liar kami langsung menyerbu makanan yang ada. Tanpa mempedulikan lagi bahwa daging sapi yang kami makan rasanya seperti sendal jepit karena begitu alotnya, dan ayam goreng yang seperti batu karena kerasnya.

Malam semakin larut, dan kami pun tertidur pulas sekali di dalam buaian AC yang sejuk didalam kamar hotel. Malam berlalu terasa cepat sekali, dengan mata masih menahan kantuk yang sangat saya bergegas mandi dan sarapan. Karena jam 9 pagi ini kami akan mengadakan raker. Acara raker sendiri sebenarnya tidak terlalu resmi, karena tujuan kami sebenarnya adalah murni jalan-jalan. Raker tersebut berlangsung hanya dua jam. Setelah raker tersebut selesai, kami melanjutkan perjalanan kami menuju Kampung Nusantara, sebuah tempat yang menjual berbagai cinderamata dan makanan khas Bali. Tidak lama kami di Kampung Nusantara kami pun menuju Joger dan Tanah Lot.

Suasana di Tanah Lot pada pukul 4 sore terasa ramai. Mungkin karena banyak wisatawan yang sengaja menunggu sunset disana. Memang terasa indah menunggu sunset di pantai Tanah Lot. Ditemani debur ombak, dengan latar belakang pura dan tebing batu. Sungguh suatu pemandangan yang tak kan pernah bosan untuk dilihat. Sungguh suatu karunia Allah, bahwa saya masih bisa melihat pemandangan indah seperti ini. Matahari pun tenggelam, dan kami beranjak pergi dari Tanah Lot.

Sepanjang jalan menuju tempat parkir, banyak penjaja souvenir di kanan dan kiri jalan. Dan kami pun langsung menuju jimbaran untuk makan malam. Lagi-lagi suasana pantai di jimbaran yang indah, mengingatkan aku pada anak dan istri yang sudah ditinggal tiga hari.

Hari ketiga kunjungan kami ke Bali adalah mengunjungi beberapa wisata bahari yang ada disini. Tempat pertama yaitu Tanjung Banoa. Ada banyak permainan olahraga air disini, namun karena saya tidak bisa berenang sama sekali, maka saya hanya melihat-lihat penangkaran penyu saja. Kembali  terbersit rona penyesalan di hati saya bahwa saya tidak bisa berenang sama sekali. Lanjut dari Tanjung Banoa kami meluncur ke Dreamland. Sebuah kawasan pantai yang eksotik. Dengan ombaknya yang lumayan besar, dan dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang tinggi, dan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai dan juga tak lupa para turis wanita yang sedang berjemur, inilah yang membuat eksotik kawasan ini.

Hari terakhir kunjungan kami ke pulau dewata diisi dengan berbelanja. Mulai dari Airlangga, Sukawati, Galuh, sampai tiba di bandara Ngurah Rai pun saya masih sempat berbelanja. Repotnya setiba di cengkareng dengan barang yang bertambah banyak, saya pontang-panting membawa barang tersebut sampai di rumah.