RSS

Booming Facebook

11 Jun

Suatu hari, seorang teman saya dari jogya pernah menyarankan agar saya mempunyai account di facebook. Katanya disana kita bisa ketemu dengan banyak orang terkenal dan bias bertemu dengan teman-teman lama. Saya jadi penasaran, dan saya langsung membuat account faceboook. Setelah itu saya kutak-katik facebook saya, lama-lama menjadi mengasyikkan. Bener juga kata teman saya, didalam facebook kita bisa bertemu dengan orang-orang terkenal dan juga dengan teman-teman kita. Saya tidak mengira didalam facebook, saya bertemu dengan teman-teman saya sewaktu SMA.

Invasi facebook sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Tapi baru booming dua tahun terakhir. Banyak orang beralih total ke facebook. Ini dikarenakan kelebihan-kelebihan dalam facebook yang tidak terdapat dalam web sejenis lainnya. Memang dari segi tampilan, face book masih kalah. Kita bisa membandingkan tampilan dari friendster, tagged, flixer, dll terlihat lebih indah dan menarik.

Ada yang menarik dari booming facebook. Karena ada pihak-pihak yang anti dengan facebook. Seperti MUI yang berencana mengeluarkan fatwa haram untuk facebook. Yang oleh penggemar facebook, fatwa ini dianggap berlebihan dan mengada ada. Entah bagaimana kelanjutan dari rencana fatwa haram yang ingin dikeluarkan MUI untuk facebook. Namun lepas dari fatwa haram yang ingin dikeluarkan oleh MUI, facebook ternyata memberikan manfaat tersendiri bagi penggunanya. Facebook membuat orang lebih mudah untuk berkomunikasi. Jika selama ini kita berkomunikasi hanya satu arah saja, namun dengan facebook kita bisa berkomunikasi dengan orang banyak sekaligus. Dan hebatnya lagi kita bisa mengadakan rapat dengan banyak orang sekaligus tanpa berkumpul dalam ruang rapat.

Melalui facebook pula kita dapat bertemu dan bersilahturrahmi dengan teman yang sudah bertahun-tahun tidak ketemu. Seperti teman sekolah waktu SMP, SMA, atau teman kuliah dan mungkin juga teman kita waktu sekolah dasar dahulu. Facebook memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan teman kita yang jauh, walaupun orang tersebut berada di luar negeri.

Masalah yang timbul dari booming facebook adalah orang semakin ketergantungan dengan dunia facebook. Para karyawan kantoran yang komputernya dilengkapi dengan fasilitas internet, bukan tidak mungkin banyak menghabiskan waktu hanya di facebook. Hal ini mengakibatkan turunnya kinerja para karyawan. Penurunan kinerja karyawan inilah yang banyak dikeluhkan oleh beberapa orang pimpinan perusahaan, Masalah lain yang timbul adalah membengkaknya anggaran untuk pemakaian intrenet di kantor. Sebelum adanya facebook penggunaan internet mungkin hanya sebatas email dan browsing, tetapi saat ini internet digunakan untuk facebook dari pagi sampai sore/ malam.

Facebook saat ini juga dapat digunakan melalui ponsel. Tentunya tidak semua ponsel dapat mendukung fasilitas ini. Masalah yang timbul dari pemakaian ponsel untuk facebook adalah membengkaknya anggaran untuk pembelian pulsa ponsel. Yang biasanya ponsel untuk sms dan telepon hanya menghabiskan pulsa sebesar ± 100 rb/ bulan, dengan ditambah facebook anggaran pulsa membengka dua kali lipat. Hal inilah yang dikeluhkan oleh sebagian orang tua yang anaknya menggunakan ponsel untuk keperluan facebook. Walaupun ada operator seluler yang menawarkan pemakaian murah untuk internet hanya 5000 rupiah/ hari, jika angka tersebut dikalikan dengan 30 hari jumlahnya mencapai Rp 150.000,-. andai dalam satu keluarga mempunyai 2 anak atau lebih yang menggunakan ponsel untuk facebook, bisa dibayangkan berapa jumlah pemakaian pulsa seluler hanya untuk satu keluarga dalam waktu 1 bulan. Ini belum ditambah dengan biaya penggantian ponsel yang biasa, dengan ponsel yang mendukung fasilitas internet.

Maraknya penggunaan facebook juga menimbulkan masalah baru dalam hal sosial. Dengan facebook, kita bisa mengomentari tulisan seseorang dalam wall seseorang. Bisa jadi komentar tersebut menyebabkan orang tersebut marah atau tersinggung dengan komentar yang masuk, walaupun komentar tersebut hanya sebatas canda. Interaksi sosial yang ada dalam facebook juga bisa menyebabkan adanya affair dengan lawan jenis. Proses pertama memang hanya saling berkomentar, lalu mengobrol via facebook setelah itu dilanjutkan dengan janji untuk ketemu. Selain masalah diatas, masih banyak masalah lain yang timbul dari kegilaan manusia pada facebook.

Masalah masalah diatas memang tidak semuanya dialami oleh para pengguna facebook. Tergantung dari individu masing-masing pengguna facebook. Apakah mereka menggunakan facebook untuk bekerja, interaksi sosial, atau hanya sekedar iseng.

Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Juni 2009 in Sepak Pojok

 

Tag: , ,

One response to “Booming Facebook

  1. adit38

    25 Juni 2009 at 1:30 pm

    Mas, facebook itu bs di hape apapun, termasuk yg jadul, dan biaya sangat murah (bahkan sampai 5rb/bln).
    Coba tips saya dsn:
    http://adit38.wordpress.com/2009/06/25/facebook-lewat-sms-sepuasnya/

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: