RSS

Ponari “The Young Stars”

25 Mar

Seorang bocah laki-laki yang bernama ponari telah membuat geger masyarakat Indonesia. Ponari dengan batu petir nya dikabarkan mempunyai kelebihan dalam menyembuhkan segala macam penyakit masyarakat. Dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang berat. Fenomena ini menjadi daya tarik sendiri dalam kehidupan sosial rakyat Indonesia. Kepercayaan kepada sebuah batu yang dipegang oleh Ponari perlahan-lahan mulai menggeser iman rakyat masyarakat. Entah sudah berapa lama fenomena ini terjadi. Adakah yang salah dengan pembinaan akhlak dan agama masyarakat Indonesia ?

Batu yang digenggam ponari jika dilihat dari kasat mata adalah batu biasa yang banyak ditemui di sungai-sungai. Batu inilah yang ramai diperbincangkan karena khasiatnya dalam hal penyembuhan penyakit. Dengan hanya mencelupkan batu tersebut kedalam air yang dibawa oleh pasien. Konon katanya batu yang digenggam oleh ponari adalah batu yang pernah disambar petir, sehingga mempunyai kekuatan tersendiri. Jika memang hanya dengan disamber petir saja sebuah batu bisa menyembuhkan segala macam penyakit, mungkin alat penangkar petir yang banyak dijumpai di gedung-gedung tinggi lebih sakti dari batu ponari karena sudah ratusan kali disamber petir. Sebuah hal yang tidak masuk diakal. Karena banyak benda-benda yang disamber petir tapi tidak seheboh batu petirnya ponari. Perlunya dilakukan penelitian tentang kekuatan batu petir ponari. Apakah memang batu tersebut sakti mandraguna, ataukah hanya sugesti dari masyarakat yang percaya bahwa batu tersebut memang bisa menyembuhkan penyakit. Masyarakat pun berbondong-bondong berdatangan kerumah ponari. Seperti layaknya selebritis, seorang ponari kecil bisa disanjung-sanjung dan disembah oleh masyarakat. Bahkan karena saking banyaknya pasien yang berkunjung, banyak juga pasien yang tidak sempat dilayani oleh ponari karena saking banyaknya pasien yang antri. Ada wacana yang menggelikan, karena ada saran untuk menceburkan batu ponari tersebut kedalam danau atau laut, sehingga masyarakat tidak perlu berbondong-bondong ke rumah ponari.

Keberhasilan ponari dengan batu petirnya, mulai diikuti oleh beberapa daerah. Beberapa orang yang mengaku mempunyai batu petir, atau benda-benda lain yang sakti, mulai membuka praktek pengobatan. Hal inilah yang membuat kekhawatiran. Karena masyarakat secara perlahan-lahan mempercayai hal-hal yang mistis. Rendahnya pengetahuan masyarakat akan iman, yang menyebabkan pergeseran perilaku masyarakat tersebut. Hal lain yang memicu pergeseran iman tersebut adalah semakin mahalnya biaya berobat dan rumah sakit. Biaya obat dan rumah sakit yang tinggi menyebabkan masyarakat tidak bisa mendapatkan pelayanan dari rumah sakit. Hal tersebutlah yang mungkin menyebabkan masyarakat beralih ke hal-hal supranatural. Dibandingkan dengan ponari yang tidak memasang tarif, harga obat dan pelayanan rumah sakit memang terlampau tinggi.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 25 Maret 2009 in Sepak Pojok

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: