RSS

SUATU SAAT DI SMA

12 Mar

Secara tidak sengaja ketika saya membuka-buka facebook, saya melihat teman SMA saya disana. Walaupun saya tidak bertemu dengan teman-teman sekelas saya, namun saya senang sekali karena bisa melihat mereka walaupun dari facebook.

Saya jadi teringat terus dengan teman-teman SMA saya. Terkenang lagi cerita-cerita indah masa lalu. Kemana perginya teman-teman SMA saya. Kemana teman-teman sekelas saya di SMA. Kemana si gatot, teddy jabrik, teddy kuntai, arif “ucup”, Arif “senggol”, Adi, Sarmili, Cakra, Apri, Ferry, … kemana perginya si Endah, Irma, Yunita, Yeti, Lisa, Wiwiek…

Pernah suatu waktu, saya dan semua teman laki-laki saya keluar kelas pada saat jam sekolah. Tidak ada tujuan jelas, hanya iseng saja karena saat itu guru kami tidak masuk. Ada tukang roti keliling yang mungkin tukangnya lagi buang air, roti di gerobak langsung kami ambil dan kami langsung lari menuju warteg di depan kantor kelurahan yang berada tepat disamping sekolah kami.

Ketika kami melakukan study tour ke Jogya, Sarmili, teman kami mematahkan ranjang di hotel kami menginap. Saat itu kami baru saja tiba di hotel, setelah melakukan perjalanan melelahkan dari jakarta ke Jogya. Setiba di kamar hotel, Tedy Jabrik langsung lompat ke tempat tidur diikuti oleh Gatot dan Arif “ucup”. Tapi sial buat Sarmili, karena pas dia lompat ketempat tidur, tempat tidur tersebut langsung patah di tengah. Terdengar suara keras yang kedengaran sampai keluar. Untung saja tidak ada petugas hotel yang mendengar suara tersebut. Langsung kami sambung tempat tidur tersebut dengan tali plastik seadanya. Dan tidak ada yang berani tidur di tempat tidur yang patah tersebut, karena takut akan patah lagi dan ketahuan. Untung saja sampai saat kami meninggalkan hotel tersebut. Para petugas hotel tersebut tidak ada yang tahu bahwa ada satu tempat tidur yang patah.

Suatu hari pada hari jumat, pada saat pelajaran bahasa inggris. Guru kami (lupa saya namanya..) masih asik memberikan wejangan pada kami. Pelajaran bahasa inggrisnya sih sudah selesai, tapi guru kami tersebut terus memberikan wejangan dan terus bercerita. Padahal waktu sudah hampir setengah 12 siang. Dan kami juga harus siap-siap shalat jumat. Saking kesalnya kami, sampai-sampai si Tedy “kuntai” yang bukan ketua kelas berteriak ,”Siap, berdoa mulai..” (kebiasaan kami saat awal pelajaran pada pagi hari dan siang hari waktu mau pulang, ketua kelas memberi aba-aba untuk berdoa). Entah mengapa bu guru tersebut langsung melotot kepada saya. Dikiranya saya yang memberi komando tadi. Alhasil, saya langsung diceramahi habis-habisan. Sampai-sampai guru tersebut membandingkan saya dengan murid yang lain tetapi dia murid tahun sebelumnya yang rajin dan kebetulan namanya sama dengan nama saya. Ya sudah, saya pasrah. Sambil menggerutu dalam hati. Ah, sialnya….

Biasanya anak-anak laki-laki di SMA punya tempat tongkrongan dengan genk nya saat pulang sekolah. Tempat tongkrongan kami adalah sebuah warung yang berada tepat di depan komplek pemadam kebakaran. Setiap pulang sekolah kami selalu kesana. Anggota genk nya pun tidak nambah. Itu-itu saja orangnya. Ada Gatot, Arif, Cakra, Adi, Sarmili, Fahrudin, Teddy jabrik dan kuntai, Nasir, Rojali, dan saya sendiri. Karena genk tersebut adalah genk perokok semua. Sampai-sampai saya pun kecanduan rokok dari hasil perbuatan nongkrong tersebut. Tapi kadang-kadang kami nimbrung dengan genk lain yang bukan perokok kaya Dani, Ferry, Arif senggol, Aryo, Beni…

Ada kejadian lagi yang gila. Pada saat itu kami sedang ujian ebta atau ujian kenaikan kelas ya. Saya juga lupa pada waktu ujian mata pelajaran apa. Pada saat itu kami baru saja mengerjakan soal, mungkin sekitar lima menit. Si Tedy item (jabrik) langsung keluar ruangan karena tidak bisa mengerjakan soal. Dan saya pun juga terkejut karena teman-teman saya juga keluar satu persatu meninggalkan ruang ujian. Akhirnya saya pun juga ikut-ikutan meninggalkan ruang ujian dan langsung menuju kantin. Tinggallah hanya wanita, an beberapa orang teman laki-laki saja yang tidak keluar. Setelah ujian selesai, kami langsung diceramahi guru pengawas.

Ah, Indahnya masa SMA………….

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 Maret 2009 in Kaleidoskop

 

Tinggalkan Balasan

 
