RSS

Wates

12 Des

p1030352Potongan bait lagu Yogyakarta yang di nyanyikan oleh KLA Project terngiang kembali saat perjalananku dari Jakarta menuju Yogjakarta. Lagu lama yang masih terus kuingat. Walaupun tujuanku bukanlah kota Yogjakarta. Yah, perjalananku kali ini adalah menuju daerah Wates. Masih cukup jauh memang dari pusat kota yogja. Sekitar 1 jam perjalanan dari daerah kalipetir, wates.

Sudah sekitar 5 tahunan saya tidak berkunjung ke sini, akhirnya saya berhasil menjejakan kaki ke tanah ini lagi. Awal November lalu, saya sekeluarga berkunjung ke Wates, Yogyakarta, tepatnya di daerah Kalipetir. Rencana ini adalah perwujudan dari rencana kami yang selalu tertunda. Pada awalnya kami berencana berkunjung pada saat lebaran yang lalu. Namun karena pertimbangan transportasi dan waktu, kami baru mewujudkannya awal November yang lalu.

Perjalanan kami diawali dengan menggunakan bis malam jurusan Jakarta – Yogyakarta. Dengan menaiki bis kelas executive ber AC yang aroma toiletnya tercium sampai bangku depan. Hal yang saya takutkan sebelum menaiki bis ini adalah bagaimana kalo anak saya yang berumur 1,5 tahun rewel selama perjalanan. Dan alhamdulillah, anak saya walaupun rewel di perjalanan namun masih bisa tidur pulas di bis tersebut. Jam 5 pagi kami sampai di terminal wates. Langsung saja kami carter angkutan umum minibus sampai ketempat tujuan.

Sesampai di rumah, nenek kami nampak terkejut dengan kedatangan rombongan kami yang tidak memberi tahu sebelumnya. Namun rasa terkejut tersebut langsung berubah manjadi suasana haru, karena saya dan adik saya telah lama tidak berkunjung. Apalagi saya dan adik saya membawa pasangan dan anak-anak kami yang belum dikenal oleh mereka. Huhuhuhuuuu…

Tak ada perubahan yang mencolok di daerah ini, masih seperti dahulu. Yang tampak berbeda mungkin hanyalah adanya jalan aspal baru dari jalan raya ke tempat kami. Dahulu jalan tersebut hanyalah terbuat dari batu-batu sebagai alas jalan. Rumah rumah juga nampak masih seperti dahulu. Belum ada rumah baru yang dibangun.

Karena waktu kunjungan kami hanya dua hari, tidak ada banyak waktu bagi kami berjalan-jalan ke kota Jogya. Kami hanya sempat mampir sebentar di Malioboro untuk membeli oleh-oleh.
Kembali pulang ke Jakarta, kami menggunakan kereta api kelas bisnis. Yang ada dibenaku pada saat kembali ke Jakarta adalah kapan kami dapat kembali ke sini. Daerah yang tenang, damai…. yah, berbeda sekali dengan Jakarta.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 Desember 2008 in Catatan Perjalanan

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

 
