RSS

Macet

21 Nov

Sudah beberapa bulan ini saya merasa jalanan di kota jakarta sumpek banget. Dimana– mana macet total. Yaah, mungkin di semua ibukota negara situasinya seperti ini. Atau hanya di jakarta saja yang seperti ini. Saya jadi berpikir gimana kondisi Jakarta pada 10 tahun atau 20 tahun lagi. Apa kita masih jalan bisa keluar rumah. Karena sudah tidak ada jalan lagi untuk kita. Dimana-mana macet total.

Saat ini, kondisi lalu lintas di Jakarta sangat memprihatinkan. Dimana, semua jenis kendaraan dari yang roda dua sampai rodanya ada sepuluh, memenuhi jalanan ibukota. Dan juga dilihat dari tahun pembuatan kendaraan dari yang tahun 1960 sampai yang kendaraan tahun 2008 semua tumpek blek di jalan raya. Saya jadi tidak habis pikir, kenapa tidak diadakan pembatasan usia kendaraan oleh pemkot Jakarta.

Pemkot DKI sepertinya juga sudah memikirkan masalah ini. Seperti rencana pembuatan subway, busway, dan pembuatan jalaur transportasi air. Proyek busway yang sudah berjalan beberapa tahun ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan dengan memberikan alternatif pengunaan kenadaraan umum kepada masyarakat. Namun, hasil dari proyek ini belumlah seperti yang diharapkan semua pihak. Pembangunan proyek busway yang sudah memasuki koridor kesekian nampaknya belum dapat memberikan jawaban atas masalah transportasi di Jakarta. Jalur trans jakarta, yang dikhususkan untuk bis trans Jakarta, di beberapa koridor menjadi jalur umum yang dapat dilalui oleh motor, bajaj, mobil pribadi sampai metro mini dan kopaja. Hal ini tentunya mengganggu kelancaran bus transjakarta. Jika timbul kemacetan, maka jalur busway pun ikut macet. Tentunya hal ini mengganggu kenyamanan pengguna busway. Selain itu, rencana pemkot DKI yang akan menyingkirkan angkutan umum yang trayeknya sama dengan busway, tidak terlaksana sampai sekarang. Alhasil bus umum dan bus transjakarta kelihatan seperti kejar-kejaran untuk berebutan penumpang di jalan. Jalur subway yang sudah diagendakan oleh Pemkot DKI juga sepertinya berhenti ditempat. Saya tidak tahu apakah proyek yang sudah ada tiang pondasinya ini, apakah akan dilanjutkan pembangunannya atau apakah akan dibongkar lagi. Jalur sungai yang juga akan dijadikan jalur transportasi, sepertinya juga tidak bisa berjalan. Karena sungai-sungai di Jakarta dijadikan Tempat Pembuangan Akhir sampah warga jakarta.

Saya hanya berandai-andai, jika kendaraan umum yang trayeknya sama dengan busway disingkirkan, jika usia kendaraan (kendaraan yang tahun pembuatannya tahun 2000 keatas) saja yang boleh melintasi jalur lalulintas Jakarta, jika kendaraan seperti bajaj dijadikan rumpon di laut Jawa, Jika semua pengendara yang boleh lewat jalur umum mempunyai SIM dari jalur yang benar (tidak lewat calo), mungkin kondisi lalulintas di jakarta akan lebih baik.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 November 2008 in Sepak Pojok

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: