RSS

Surabaya

20 Nov

Akhirnya saya tiba lagi di di bandara Juanda Surabaya. Kok beda ya bandaranya. Satu setengah tahun lalu bandara Juanda tidak seperti ini. Setelah saya tanyakan kepada karyawan bandara, ternyata memang itu adalah bandara baru yang menggantikan bandara lama walaupun dengan nama yang sama.
Setelah istirahat sebentar, kami melanjutkan perjalanan menuju hotel Narita dengan menaiki taksi. Diperjalanan menuju hotel Narita, saya teringat perjalanan saya satu setengan tahun lalu dikota ini.
Surabaya didirikan tahun 1275 M oleh raja Kertanegara sebagai tempat pemukiman baru bagi prajuritnya yang berhasil menumpas pemberontakan Kemuruhan tahun 1270 M. Banyak versi memang tentang asal usul kota Surabaya. Versi lain mengatakan bahwa nama Surabaya berasal datri cerita tentang perkelahian hidup mati antara Adipati Jayengrono dan Sawunggaling. Konon setelah mengalahkan tentara Tartar, Raden Wijaya mendirikan sebuah keraton di Ujung Galuh dan menempatkan Adipati Jayengrono untuk memimpin daerah itu.Lama-lama karena menguasai ilmu buaya, Jayengrono makin kuat dan mandiri sehingga mengancam kedaulatan Majapahit. Untuk menaklukan Jayengrono, diutuslah Sawunggaling yang menguasai ilmu Sura. Adu kesaktian dilakukan di pinggir Sungai Kalimas dekat paneleh. Perkelahian itu berlangsung selama tujuh hari tujuh malam dan berakhir dengan tragis. Karena keduanya meninggal kehabisan tenaga.
Ada versi lain yang mengatakan bahwa kata “Surabaya” berasal dari mitos pertempuran antara ikan Suro (sura) dan Boyo (buaya). Yang menimbulkan dugaan bahwa nama Surabaya muncul setelah terjadinya perang antara ikan Sura dan Buaya (Baya).

Konferensi AKSP
Tujuan kami ke Surabaya kali ini adalah untuk mengahadiri konferensi penelitian Akuntansi dan Keuangan Sektor Publik (AKSP) yang pertama. dan diadakan pada tanggal 25-26 April 2007 bertempat di gedung Pasca sarjana UPN “Veteran”, Surabaya. Dan ternyata animo masyarakat terhadap konferensi ini sangat tinggi, hal itu terlihat dari daftar absen peserta yang mencapai ratusan orang.
Konferensi ini berlangsung selama dua hari. Hari pertama setelah pembukaan langsung diadakan workshop metodologi penelitian. Dan setelah rehat siang, acara dilanjutkan didalam ruangan kelas, sebanyak lima kelas dipakai untuk diskusi tersebut. Malam harinya, setelah makan malam, diadakan acara ramah tamah oleh panitia sampai pukul 08.00 malam.
Hari kedua, acara masih dilanjutkan didalam kelas sampai pukul 13.00 WIB. Dilanjutkan dengan acara penutupan.
Setelah menghadiri acara tersebut, kami kemudian istirahat di hotel. Setelah istirahat sejenak itu, kami menuju bandara. Dalam perjalanan ke Bandara Juanda tersebut, saya menyempatkan mampir di toko Batik Kertajaya yang letaknya tidak jauh dari hotel kami menginap. Ah, saya akhirnya membeli dua buah batik untuk saya dan istri saya.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 20 November 2008 in Catatan Perjalanan

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: